Gigi dan Daya Ingat


PELIHARALAH gigi Anda sebaik mungkin. Para ilmuwan Jepang yang bekerja di Laboratorium Neurologis Nasional di Amerika Serikat menghasilkan sebuah penemuan yang patut diperhatikan.

Penemuan tersebut menunjukkan adanya hubungan antara gigi dan hilangnya daya ingat seseorang. Hasil penelitian menunjukkan tanggalnya gigi manusia di usia dini membuat manusia itu mengalami risiko kehilangan daya ingat di usia dewasa awal.

Sebanyak 4.000 peserta berusia mulai 65 tahun ke atas mengikuti penelitian. Mereka menjalani tes kesehatan gigi, latihan psikis, dan daya ingat. Para partisipan yang masih memiliki beberapa gigi asli memiliki daya ingat yang lebih baik jika dibandingkan dengan para partisipan yang tidak lagi mempunyai gigi asli.

"Infeksi di gusi yang dapat memicu tanggalnya gigi berpotensi melepaskan zat inflamasi. Itu akan meningkatkan inflamasi otak yang menyebabkan tidak berfungsinya neuronal dan kehilangan daya ingat. Hilangnya sensor penerima di sekitar gigi berhubungan dengan tidak berfungsinya neuron," jelas Nozomi Okamoto, ketua penelitian.
 
sumber:http://id.berita.yahoo.com/gigi-dan-daya-ingat-20110105-205600-131.html

0 comments:

Posting Komentar