Mitos dan Fakta Seputar Air Putih

Air Putih
Untuk mendukung KIDNEY HEALTH AUSTRALIA DRINGKING WATER POLICY, dua ahli ginjal melakukan penelitian untuk meluruskan mitos mitos mengenai air. Dan mereka tidak menemukan alasan rational dari kepercayaan yang sudah memasyarakat mengenai pentingnya minum air 8 gelas sehari, dan tidak pasti dari mana rekomendasi ini ada.

Memang sudah diketahui bahwa manusia tidak dapat hidup beberapa hari tanpa air minum, karena akan menyebabkan dehidrasi, tetapi tidak ada bukti nyata yang menyebutkan minum 8 gelas satu hari itu menyehatkan. Dari hasil penelitiannya ada beberapa mitos yang terpatahkan, yaitu :

Mitos 1 : Bahwa minum banyak air bisa mengurangi nafsu makan dan menekan obesitas. Air tidak akan bisa menahan rasa lapar krn air dapat diserap dengan cepat dan bergerak sangat cepat pula sehingga tidak akan bisa melepas hormon penahan nafsu makan. Jadi tidak benar bahwa minum banyak air bisa menahan obesitas.

Mitos 2 : Bahwa minum banyak air bisa mengeluarkan racun dari tubuh dan memperbaiki fungsi ginjal. Lagi lagi tidak ada bukti secara klinis utk mendukung hal ini. Faktanya adalah bila anda banyak minum air,maka ada penambahan volume urine tetapi belum tentu meningkatkan pengeluaran zat zat yg meru pakan bagian dari urine. Sodium dan urea mungkin dikeluarkan tetapi tidak ada benefit klinis hal ini.

Mitos 3 : Bahwa minum air putih mengurangi sakit kepala. Ini tidak benar menurut bukti yang ada.

Mitos 4 : Bahwa air putih memperbaiki kulit anda. Tidak ada data ilmiah yang membetulkan bahwa minum air putih benar benar memperbaiki kandungan air dalam kulit. Walaupun ada bukti bahwa dehidrasi mempengaruhi kulit tapi tidak ada data yang membuktikan hal ini memperbaiki kulit. Ditemukan bukti solid bahwa orang yg hidup di iklim panas & kering  juga atlit membutuhkan lebih banyak air, juga orang yang berpenyakit tertentu seperti BATU GINJAL butuh mengkonsumsi air lebih banyak, tapi tidak ada data tersedia utk orang2 yang sehat. Ada beberapa situasi justru minum banyak air malah menjadi tidak sehat, seperti penderita gagal ginjal yang sudah hemodialisa (cuci darah), pelari jarak jauh ketika lomba, lebih baik kurang minum daripada minum berlebihan, juga ditemukan kasus seseorang yang mengalami pembengkakkan kelenjar otak, justru  meninggal ketika diberi air berkesinambungan dan sangat cepat.

Demikian tulisan antara mitos dan fakta yang disadur dari artikel : Drink water Instead, Kidney health Australia, semoga bermafaat bagi pembaca. Karena tau jadi kita bisa lebih hati2 melangkah ,bukan ? Salam

sumber:http://edukasi.kompasiana.com/2011/02/28/mitos-dan-fakta-seputar-air-putih/

0 comments:

Posting Komentar