Dengan Kaki Robot, Zac Vawter Berhasil Naiki Menara Willis 103 Lantai

Zac Vawter lucupedia

Zac Vawter merupakan pria pertama yang menggunakan kaki robot yang dapat dikontrol dengan menggunakan otak, guna menaiki Willis Tower, yang merupakan bangunan dengan ketinggian 103 lantai di Chicago, Amerika Serikat.

Zac Vawter adalah seorang pria yang saat ini tengah berusia 31 tahun yang harus kehilangan kaki kanannya akibat sebuah kecelakaan kendaraan bermotor. Vawter harus menggunakan sebuah kaki buatan yang mirip dengan kaki robot. Kaki robot Vawter menggunakan metode TMR (Targeted Muscle Reinnervation).

Metode TMR (Targeted Muscle Reinnervation) merupakan sebuah metode atau teknik yang mampu menghubungkan syaraf yang terpuuts akibat amputasi dengan otot-otot pengguna yang lainnya. Saraf yang bekerja untuk mengendalikan gerakan kaki kanan Vawter telah dipilih serta dialihkan pada hamstringnya. Selain itu, impuls listrik diubah menjadi sebuah sinyal yang dapat menggerakkan kaki robot atau kaki bionik Zac Vawter ini.

SkyRise Chicago mengadakan sebuah uji coba kaki bionik atau kaki robot pertama yang saat ini tengah digunakan oleh Zac Vawter bersama dengan pengguna lainnya, untuk menaiki menara Willis di Chicago, US, yang memiliki ketinggian 103 lantai. Tidak ada jaminan kaki robot tersebut dapat terus bekerja. Dan beberapa peserta mengalami kegagalan dalam uji coba tersebut.

Akan tetapi, hal tersebut tidak untuk Zac Vawter. Ia telah berhasil mencapai lantai puncak pada menara Willis hanya dalam waktu 53 menit sembilan detik menggunakan kaki robot tersebut. Dan hal itu dilakukan tanpa mengalami masalah pada kaki robotnya.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari Slashgear, Zac Vawter sebenarnya merupakan ‘kelinci percobaan’ untuk kaki robot dengan metode TMR tersebut. Proyek ini merupakan sebuah hasil dari kerjasama antara Departemen Pertahanan Amerika Serikat bersama dengan beberapa universitas ternama.

Kaki robot ini memiliki berat sekitar 10Kg. Untuk membuatnya menghabiskan biaya sekitar USD 8 juta. Kaki robot yang digunakan oleh Zac Vawter ini mengusung dua motor penggerak yang terdapat pada lutut serta pergelangan kaki. mari kita lihat aksi Zac Vawter pada video Youtube berikut ini.

Video Zac Vawter si Kaki Robot Di Menara Willis Chicago :